Social Icons

November 29, 2009

Tetap Sehat Di Musim Penyakit



Hati-hati menjaga kesehatan. Apalagi sekarang ini musim penyakit. Kalau badan kita sehat, mau ngapain aja juga enak. Coba kalau badan kita lagi sakit, flu misalnya, Uughhh… sebel banget khan??? Aktivitas juga jadi terganggu. Sebelum penyakit nyamperin kita, yuk kita bikin “B.E.N.T.E.N.G”

--=BENTENG PERTAMA=--

1.Jangan sering-sering Menyentuh
Perlu diketahui, sekitar 80% penularan penyakit terjadi melalui sentuhan lho. Jadi sebisa mungkin kita hindari menentuh orang lain secara langsung, apalagi orang yang lagi sakit. Keseringan memegang tubuh kita sendiri sebenarnya juga nggak bagus. Coba perhatikan, jari jemari kita sering memegang mata dan hidung, itu bisa menjadi perantara virus masuk dalam tubuh kita.
2.Sering-sering mencuci tangan
Nggak hanya kalau akan makan atau minum ya…. Disadari atau tidak, setiap saat jemari kita menyentuh atau memgang banyak benda. Bayangin aja kalau kita enggak mencuci tangan sebelum makan, kuman pun akan sukses masuk ke dalam tubuh. Nah lho….
Jaga jarak dari si sakit
Sebisa mungkin jangan dekat-dekat sama orang yang lagi batuk-batuk atau bersin. Virus bisa terbang 30 kaki di udara saat seseorang bersin. Makanya, tutpin kalau lagi batuk atau bersin.
3.Perbanyak minum air putih
Setiap hari, tubuh kita membutuhkan setidaknya 8 liter Air dean itu bisa di dapat dari buah, sayuran, dan yang jelas dari air. Nggak ada ruginya lho kita minum air banyak-banyak. Selain menjaga kelembaban kulit , air putih juga menyehatkan.
4.Pakai wangi-wangian
Essential Oil seperti Eucalyptus yang mengandung antiseptic alami atau lavender bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita. Masukkan beberapa tetes minyak tersebut ke dalam air mendidih dan hirup aromanya. Selain menyegarkan, aroma yang kita hirup dan masuk ke dalam paru-paru itu bisa mencegah virus dan bakteri berkembang biak dalam tubuh.

--=BENTENG KEDUA=--

Biar BENTENG lebih kuat lagi, perlu kita tambah lagi dengan lapisan kedua.

1.Perbanyak nutrisi untuk tubuh
Cara mudah untuk menyuplai nutrisi penting ke dalam tubuh kita adalah dengan menambah “warna” pada makanan kita santap, misalnya:
*Strawberry, tomat, anggur merah kaya akan antioksidan yang berperan penting
dalam system kekebalan tubuh.
*Sayur-mayur berwarna hijau tua bisa memperkuat kekebalan tubuh. Kita juga bisa mendapat antioksidan dari the hijau.
*Bawang putih. Meskipun sering bikin bête karena menyebabkan bau badan dan bau mulut, bawang putih mengandung antibiotic alami. Lebih bagus lagi kalau yang mentah, tapi kalau digunakan sebagai bumbu masakan, tetap saja oke.
*BUmbu-bumbu dapur seperti kayu manis dan jahe, semua itu mengandung antioksidan.

2.Pijat terapi Yuuuk..
Pijat terapi ternyata bisa meningkatkan system kekebalan tubuh. Karena menurunkan tingkat cortisol atau hormon stres. Selain itu, pijat terapi bisa meningkatkan sel pembunuh virus alami. Nggak perlu ke pemijat professional juga bisa kok, gunakan saja alat pijat elektronik kalau memang punya.
3.Dengerin music asyik
Mendengarkan music yang kamu suka bisa meningkatkan Salivary Immoglobulin A yang melindungi pencernaan dan sistem pernafasan dari bakteri. Sambil dengerin music, coba pejamkan matamu dan santailah kira-kira dua puluh menit. Lakukan hal tersebut beberapa kali dalam satu minggu.
4.Curhat
Ternyata curhat bisa meningkatkan kekebalan tubuh lho. Beban kita menjadi terasa ringan kan sehabis curhat? Tapi kalau kamu nggak suka curhat, tulis saja isi hatimu di buku harian. Hasilnya hampir sama kok.
5.Jangan kasih diskon waktu tidur
Waktu tidur yang cukup untuk kita sekitar 7 sampai 9 jam setiap hari. Ngasih diskon alias mengurangi waktu tidur walau Cuma sejam, bisa mengurangi sel-sel penyerang virus di tubuh kita. Lagian, kalau kita cukup tidur kemungkinan besar kita mimpi indah lho….
6.Kurangi kebiasaan menumpuk pekerjaan
Tingkat atau level stressbisa meningkat di tubuh orang yang suka menumpuk pekerjaan dan ngebut ngerjain di saat-saat terakhir. Akibatnya bisa jatuh sakit tuh.
7.Ubah pemikiran
Reaksimu terhadap stres, bukan sebesar apa stres yang menyerangmu, bisa memperlemah kekebalan tubuh. Kalau biasanya kamu sering bilang, “Wah kayaknya aku nggak bisa deh”, sudah saatnya sekarang bilang “Ya, aku pasti bisa”

(U.P.I.T ^^ dirangkum dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar