Social Icons

April 21, 2009

Sejarah Musik


Sejak jaman dahulu musik tidak lepas dari kehidupan manusia. Berabad-abad silam orang telah mengenal bunyi-bunyian. Pada periode zaman purba, suku-suku primitive telah mengenal aneka tetabuhan dan bunyi-bunyian untuk keperluan upacara dan ritual lainnya. Sampai sekian lamanya musik akrab dengan kehidupan manusia tetapi tak pernah ada yang menuliskannya.

Pada awalnya musik berdasarkan pada satu nada atau lagu. Kemudian beberapa nada digabungkan menjadi satu nyanyian atau sepotong musik. Komponis pertama yang berhasil menggabungkan aneka nada adalah Palestrina dari Italia dan William Byrd dari Inggris.

Pada babak berikutnya dari nada yang digabungkan tadi berkembang menjadi serangkaian musik yang disebut Opera, yaitu sebuah cerita yang diiringi musik dan dipadu dengan dialog dan nyanyian. Atau dengan kata lain Opera adalah gabungan musik dan kata yang dirangkai menjadi sebuah cerita.

Komponis besar Opera pertama adalah Monteverdi. Selanjutnya muncul komponis besar lainnya, seperti Purcell, Wagner, Veri, Puccini, dan Richard Strauss. Kesenian ini berkembang pesat pada masa-masa kerajaan di Eropa sekitar abad ke-18. jenis music ini juga tumbuh subur di lingkungan gereja.

Karya musik juga dapat berupa sebuah instrument musik saja, atau dapat digabungkan dalam sebuah orchestra. Music orchestra juga disebut musik klasik. Komponis Musik Klasik adalah, Sebastian Bach, Handel, Hayden, Mozart, Bethoven.

2 komentar:

  1. Personal announcement!

    Forgive me not being exactly the Shy Guy, but I sincerely do feel I have something important to say.

    http://winmir.blogspot.com/Stay cool, it's heavy stuff.

    Best wishes,
    Peter Ingestad, Sweden, I Ching Oracle Practitioner

    BalasHapus
  2. wich miss upiieth

    lup u

    BalasHapus